Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng - Foto oleh @nevimarunduri via Instagram

Bukit Sikunir adalah Wisata Dataran Tinggi Dieng yang terkenal hingga ke mancanegara. Terletak didesa tertinggi dipulau Jawa yaitu Desa Sembungan, dengan ketinggian sekitar 2256 mdpl. Kawasan Wisata ini terkenal akan keindahan sunrise nya yang diberi julukan Golden Sunrise. Keindahan sunrise di Bukit Sikunir didaulat sebagai satu dari tiga sunrise terindah di dunia. Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu yang paling diincar wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bukit Sikunir Dieng - foto oleh @dabitm_ via instagram
Bukit Sikunir Dieng – foto oleh @dabitm_ via instagram

Arti kata sikunir dimbil dari kata Kunir yang artinya kuning. Sikunir diambil dari nama salah satu ramuan jamu jawa yang menggambarkan warna cahaya matahari ketika terbit di bukit ini yaitu kuning keemasan atau di lebih dikenal dengan sebutan Golden Sunrise. Menjadi fenomena yang langka dan salah satu yang terindah di dunia. Bukit Sikunir Dieng pertama dipopulerkan pada tahun 1962 oleh pemandu lokal Dieng yang kemudian dicantumkan di buku panduan wisata dunia pada tahun 1984 sehingga kawasan ini terkenal di kalangan wisatawan dunia. Keindahan sunrise nya mampu menarik wisatawan hingga ribuan setiap harinya. Dan menjadi salah satu tempat incaran bagi peminat fotografi.

Keindahan alam dilengkapi keramahan masyarakat setempat, memberikan kesan mendalam pada setiap pengunjung. Perjalanan yang senantiasa disuguhkan dengan rimbunnya pepohonan, tatanan rapi dan hijau dari tanaman kentang dan tentu saja dengan udara Dieng yang sejuk dan bersih adalah perjalanan yang akan Anda dapatkan ketika Anda menuju Bukit Sikunir Dieng.

Letak Dan Lokasi Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng - Foto oleh @nugrahenidebora via instagram
Bukit Sikunir Dieng – Foto oleh @nugrahenidebora via instagram

Bukit Sikunir Dieng berada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 mdpl, sebelah Timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, dapat ditempuh dari arah Dieng dengan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Bukit Sikunir memiliki medan yang tidak begitu sulit, hanya diperlukan waktu kurang lebih 20 menit melalui Jalur Pendakian Bukit Sikunir hingga mencapai puncaknya. Sebagai rangkaian dari Wisata Dieng, di kaki Bukit Sikunir Anda akan berjumpa dengan Telaga Cebong yang indah dengan airnya jernih. Telaga yang juga bagian dari Wisata Dataran Tinggi Dieng. Puncak Sikunir juga merupakan tempat terbaik untuk melihat keindahan Telaga Cebong.

Golden Sunrise Sikunir, Sunrise Terindah Se-Asia Tenggara

Menikmati keindahan Golden Sunrise-nya adalah tujuan utama setiap orang yang mengunjungi Bukit Sikunir. Puncak Sikunir disebut-sebut sebagai tempat strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara. Hanya di Bukit Sikunir Anda bisa menyaksikan warna jingga keemasan Golden Sunrise di langit fajar yang menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut. Keindahan yang akan tersaji setiap harinya. Fenomena Golden Sunrise Sikunir inilah yang menjadikan Bukit Sikunir sebagai tempat wisata yang diminati dan layak diperhitungkan dalam destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng.

Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Bukit Sikunir Dieng

Sunrise di Bukit Sikunir bisa dilihat kapan saja. Namun Sunrise Bukit Sikunir tiap waktu berbeda-beda. Untuk melihat Golden Sikunir dengan jelas tanpa tertutup kabut dan awan, datanglah pada musim kemarau antara Juli- Oktober. Pada bulan-bulan ini cuaca cenderung cerah dan kabut tidak tebal. Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan spot warna keemasan Golden Sunrise Sikunir dengan jelas.

Bukit Sikunir Dieng - Foto oleh @nevimarunduri via Instagram
Bukit Sikunir Dieng – Foto oleh @nevimarunduri via Instagram

Sedangkan pada bulan November-Februari, sunrise akan diselimuti kabut dan awan pekat. Meski view sunrise tertutup kabut dan awan pekat, gradasi warna gelap awan mendung dan jingga keemasan sunrise tetap akan menciptakan keindahan bagi beberapa orang. Dan terkadang muncul pelangi jika sebelumnya turun hujan atau gerimis. Untuk bulan antara Maret-Juni atau menjelang musim kemarau sunrise hanya ditutupi kabut dan awan tipis, anda tetap dapat menikmati Sunrise Indah yang berbeda di Bukit ini. Hamparan gunung-gunung tinggi berselimut kabut tipis yang disinari sunrise di pagi hari tidak kalah cantik dengan sunrise di musim kemarau bagaikan lukisan di atas langit. Setiap Saat keindahan sunrise di Bukit Sikunir akan tetap tersaji setiap paginya disini meski dengan keindahan berbeda disetiap bulannya.

Memandang Deretan Gunung-Gunung Tinggi Di Pulau Jawa

Lansekap deretan beberapa gunung tinggi di Pulau Jawa yang terlihat menakjubkan dari Puncak Sikunir selalu menjadi salah satu spot yang diburu pengunjung, terutama para pecinta fotografi. Anda bisa memandang Gunung Sindoro yang berselimut kabut tipis berdampingan dengan Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Tidak jauh dari ketiga gunung itu akan terlihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran yang menjulang tinggi. Keindahan hamparan gunung-gunung ini menjadi semakin menakjubkan ketika posisi matahari berada di atasnya tepatnya pada pagi hari. Bentangan Awan yang tanpa batas diantara gunung – gunung tersebut seperti menyaksikan negeri diatas awan. Sangat menakjubkan dan wajib untuk dibuktikan dengan mata Anda sendiri.

Hamparan Lahan Pertanian Dan Kearifan Lokal Desa Sembungan

Kawasan Bukit Sikunir memiliki hamparan lahan-lahan pertanian penduduk setempat yang didominasi oleh tanaman kentang dan carica (tanaman khas Dieng menyerupai pepaya). Keindahan tatanan lahan pertanian ini membentang hijau dan rapi menghiasi kaki dan lereng Bukit Sikunir senantiasi menarik bagi yang melihatnya. Selain itu, juga terlihat keindahan dari pemukiman penduduk dengan mesjid-mesjid berkubah tinggi .

Sikunir Dieng -foto oleh @djumapiturolas via instagram
Sikunir Dieng -foto oleh @djumapiturolas via instagram

Bukit Sikunir Dieng tidak hanya tentang keindahan alamnya saja. Keramahan dan kehangatan yang dimiliki penduduk Desa Sembungan tempat Bukit Sikunir berada akan menyempurnakan perjalanan wisata Anda di Bukit Sikunir Dieng. Semua layak di jadikan obyek foto serta dokumentasi perjalanan Anda. Keindahan, keelokan alam dan penduduknya menjadikan kunjungan Anda memiliki kesan tersendiri. Penduduk Desa Sembungan yang bersahabat membuat pengunjung betah bercengkrama dengan mereka. Penduduk desa yang umumnya adalah petani ini dengan ramah akan menyapa Anda. Tidak jarang ajakan untuk mampir akan sering Anda dengar dari mereka. Mereka akan dengan senang hati menyambut Anda. Anda juga akan menjumpai petani Desa Sembungan yang menjual kentang di jalan-jalan desa. Sungguh kearifan lokal yang akan membuat Anda akan selalu merindukan perjalanan ke Bukit Sikunir Dieng.

Tempat-tempat Wisata Dekat Bukit Sikunir Dieng

Tempat wisata terdekat yang ada di bukit Sikunir adalah Telaga Cebong. Telaga ini menjadi basecamp Sikunir. Sebelum mendaki Bukit Sikunir Anda pasti akan berjumpa dengan telaga berair jernih ini. Anda dapat menikmati indahnya pemandangan telaga dengan menyusuri tepiannya, atau dengan menyewa sampan penduduk desa yang ada disekitar Telaga Cebong.
Obyek wisata lainnya yang terdapat diwilayah Bukit Sikunir adalah Curug atau Air Terjun Sikarim. Keindahan air terjun setinggi 24 meter ini mulai dikenal para wisatawan. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sikarim ini, Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata lokal untuk membantu Anda mencapai lokasinya. Dengan pengalaman dan profesionalisme, pemandu lokal lebih mengetahui tentang akses menuju air terjun.

Jalur Akses Dan Tiket Masuk Ke Bukit Sikunir Dieng

Jalur akses dan rute perjalanan menuju Desa Sembungan tempat Bukit Sikunir berada cukup mudah. Desa ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi serta kendaraan sewaan: seperti angkot dan ojek. Jarak Sikunir dari kota Wonosobo (star di Alun-alun Wonosobo) ke Dieng sekitar 50 menit perjalanan dengan kendaraan.
Dari Dataran Tinggi Dieng ambil jalur ke arah Desa sembungan yang berjarak sekitar 4 km. Jalanan yang akan Anda lewati sedikit menanjak dan berkelok-kelok di butuhkan kewaspadaan ketika berkendara dalam jalur ini. Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan hingga gerbang masuk desa yang mirip candi dengan tulisan “Welcome to SEMBUNGAN VILLAGE”.
Sebelum pendakian, akan ada Basecamp Sikunir di dekat Telaga Cebong sekaligus merupakan area parkir kendaraan para pengunjung. Untuk memasuki Kawasan Wisata Bukit Sikunir Anda dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000,00 per-orang.
Jalur pendakian ke Bukit Sikunir tergolong pendek. Dari lokasi parkir Bukit Sikunir hingga Puncak Sikunir berjarak 1 km atau sekitar 30 menit hingga 1 jam pendakian. Penerangan yang belum memadai, jalur pendakian yang menanjak dengan jurang yang cukup curam di kiri kanan mengharuskan Anda membawa penerangan sendiri dan berhati-hati. Perlu diingat waktu yang baik untuk mendaki Bukit Sikunir paling lambat pukul 03.30 dini hari agar Anda bisa menyaksikan sunrise. Karena Anda mendaki di pagi buta saat suhu udara sangat rendah, yaitu 10-15 derajat celsius, mengharuskan setiap pengunjung untuk mengenakan pakaian hangat agar tidak membeku.

Penginapan/Homestay Dekat Sikunir Dieng

Menginap di Desa Sembungan bisa dengan menyewa rumah-rumah penduduk setempat. Anda akan membutuhkan tempat beristirahat sebelum mendaki karena jarak Bukit Sikunir dari Desa Sembungan sangat dekat. Anda cukup beristirahat dan pada dini hari dan akan dibangunkan oleh pemilik rumah untuk mendaki bukit. Desa Sembungan memang dekat dari Bukit Sikunir.

Pilihan Lain untuk menginap adalah dengan menyewa kamar penginapan atau homestay di Dieng, homestay di sikunir, atau Penginapan di Wonosobo. Banyak tersedia penginapan dengan ragam harga dan fasilitas yang memadai dengan letak yang cukup dekat dengan pusat perbelanjaan dan warung-warung penjaja makanan. Atau jika anda ingin suasana yg lebih “membumi” Anda bisa menginap dengan mendirikan tenda disekitar Telaga Cebong. Tapi pilihan ini tidak begitu di anjurkan. Mengingat suhu udara yang sangat rendah di kawasan ini, Anda lebih dianjurkan untuk menyewa rumah penduduk ataupun menginap di homestay Dieng. Jangan Lupa untuk mengatur waktu yang pas agar tepat waktu menyaksikan Golden Sunrise Sikunir.

Kunjungi dan nikmatilah keindahannya Bukit Sikunir dengan golden Sunrise dan segala paket keindahannya. Ajaklah teman, keluarga dan orang-orang terdekat Anda, sehingga perjalanan Anda menjadi lengkap dan berkesan.

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *