Gunung Prau Dieng

camping di Gunung Prau Dieng - Foto oleh @endykfirmansya via instagram

Gunung Prahu atau Gunung Prau merupakan satu dari destinasi wisata gunung yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Dieng. Gunung Prau Dieng memilki berbagai pesona alam khas pegunungan dan merupakan salah satu landmark Dataran Tinggi Dieng yang menakjubkan dan unik.

Beragam keunikan tersaji di puncak Gunung Prau. Antara lain, Bukit Teletubbies yang unik dengan hamparan bunga Daisy yang berwarna-warni, indahnya sunrise dan sunset, keindahan taburan bintang (milky way) yang cantik di langit malam Gunung Prau Dieng, pemandangan puncak gunung-gunung di Pulau Jawa yang megah, hingga perjalanan menuju puncak yang menyenangkan. Bahkan pada musim kemarau, saat suhu udara kawasan Gunung Prau mencapai titik terendah, Anda bisa menemukan kristal es pada permukaan tanah dibeberapa lokasi dipagi hari. Oleh karena itu, jangan lupa siapkan kamera untuk untuk mengabadikan perjalanan Anda di Gunung Prau.

Letak dan Lokasi Gunung Prau Dieng.

Berada di ketinggian 2.590 mdpl, Gunung Prau menjadi gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Secara administrasi lokasi Gunung Prau Dieng memanjang meliputi lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. Jadi, apabila Anda memutari menara yang ada di Gunung Prau, maka Anda telah menginjakkan kaki di 5 kabupaten. Di setiap kabupaten ini terdapat jalur-jalur pendakian yang sudah biasa ditempuh.

Medan dan Akses Pendakian Gunung Prau Dieng

Akses menuju Gunung Prau cukup mudah. Anda bisa memulainya dari desa-desa yang menjadi basecamp awal pendakian. Medan pendakian Gunung Prau tergolong cukup ringan dan cukup gampang ditempuh oleh pendaki pemula Tidak banyak pepohonan tinggi yang akan menutupi pemandangan. Jalan setapak menuju puncak tidak terlalu menanjak sehingga menjadikannya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu menguras tenaga. Anda hanya perlu mengikuti jalur yang sudah sering ditempuh dengan tetap berhati-hati.

Daisy di Gunung Prau Dieng foto oleh @pengeja.rindu via instagram
Daisy di Gunung Prau Dieng foto oleh @pengeja.rindu via instagram

Jalur Pendakian Gunung Prau

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Gunung Prau. Jalur yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Jalur Dieng dan Jalur Patak Banteng. Kedua jalur ini banyak dipilih para pendaki karena medan di kedua jalur ini cukup ringan dan jarak tempuhnya lebih pendek, yaitu 3-4 jam saja. Di antara dua jalur terkenal ini, Jalur Patak Banteng adalah jalur yang favorit para pendaki. Seperti namanya, basecamp atau titik awal pendakian Jalur Patak Banteng ini adalah dari Desa Patak Banteng. Dengan jalur ini hanya dibutuhkan waktu 2-3 jam pendakian. Sebelum mencapai puncak ada tiga pos peristirahatan yang akan Anda temui.

Pendakian dimulai dari Desa Patak Banteng dengan melewati tangga beton yang disebut Ondo Sewu atau tangga seribu menuju Pos 1 yang disebut Pos Sikudewo. Dari pos I ini menuju Pos 2 terdapat jalan setapak menanjak yang dipasangi teralis baja untuk memudahkan pendakian. Setelah sampai di Pos 2 yang disebut Pos Cangal Walangan, para pendaki bisa beristirahat sejenak di Pos 2 ini sambil menikmati keindahan Telaga Warna yang di kelilingi gunung-gunung tinggi di kejauhan dihiasi hamparan lahan pertanian di kaki dan lereng gunung. Sebelum melanjutkan perjalanan jangan lupa menyetok persediaan air.

Setelah beristirahat, para pendaki dapat melanjutkan pendakian ke Pos 3 atau Pos Cacingan. Menuju Pos 3 para pendaki diharapkan berhati-hati karena medan yang licin dan di kiri-kanan jalan setapak ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup besar dan tinggi. Namun, jangan khawatir, dijalur ini telah banyak jejak-jejak pendaki yang akan membantu para pendaki menuju Pos 3. Selain itu, perjalanan menuju Pos 3 sangat menyenangkan karena cuacanya yang sangat sejuk. Anda juga bisa menyaksikan sunset diperjalanan jika hari telah beranjak senja. Sesampainya di Pos 3 ini Anda bisa mengisi perut dan beristirahat lagi sebelum menuju Puncak.

puncak gunung prau dieng - foto oleh @windhans via instagram
puncak gunung prau dieng – foto oleh @windhans via instagram

 

Perjalanan menuju Puncak Prau tidak terlalu jauh namun menanjak. Hati-hati melewati jalur ini karena medannya berbatu dan terdapat jurang yang cukup dalam di kiri-kanan jalur. Dalam waktu 45 menit Anda akan sampai di area camping, tepatnya di kawasan Bukit Teletubbies. Area yang cukup luas, datar, dan aman untuk camping.

Persiapan Pendakian ke Gunung Prau

Persiapan pendakian ke Gunung Prau sama seperti pendakian gunung pada umumnya. Hal-hal dan peralatan-peralatan penting selama pendakian jangan sampai dilupakan. Berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk pendakian ke Gunung Prau:

  • Siapkan fisik
    Walaupun medan pendakian Gunung Prau cukup ringan, bukan berarti Anda bisa menyepelekan fisik Anda. Saat mendaki kondisi tubuh sebaiknya dalam kondisi yang fit. Jangan lupa makan dan minum yang cukup untuk menghasilkan tenaga untuk mendaki. Anda juga bisa berolahraga untuk kesiapan fisik.
  • Logistik pribadi dan kelompok
    Pendakian yang bisa memakan waktu dua hari satu malam tentu butuh persediaan logistik yang memadai baik untuk perorangan maupun logistic kelompok. Jangan sampai kekurangan dan jangan sampai berlebih. Sebaiknya bawa makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh di cuaca dingin Dieng. Walau hingga Pos ke-2 ada beberapa warung makanan, Anda tetap harus memiliki perhitungan logistic yang cermat untuk kelancaran perjalanan Anda.
  • Peralatan berkemah
    Mendaki Gunung Prau memang disarankan untuk camping. Untuk itu Anda harus menyiapkan peralatan-peralatan berkemah seperti tenda, sleeping bag, terpal, alat masak, alat makan, dll.
  • Pakaian
    Seperti mendaki gunung pada umumnya, Anda harus menyiapakan pakaian yang pas untuk mendaki. Apalagi suhu Gunung Prau yang sangat dingin mengharuskan Anda menggunakan pakaian hangat dan penutup kepala di malam dan pagi hari. Jangan lupa membawa mantel hujan untuk persiapan jika hujan turun. Dan jangan lupa mempersiapkan masker karena untuk area tertentu Anda akan memerlukannya.
  • Obat-obatan pribadi
    Ini yang tidak kalah penting, obat-obatan pribadi. Mendaki di gunung bersuhu rendah terkadang bisa membuat beberapa penyakit, seperti asma dan polip kambuh, untuk itu Anda sebaiknya menyiapkan obat-obatan pribadi Anda atau obat untuk menangkal penyakit di suhu rendah. Minyak kayu putih, promag, dan balsem adalah obat yang wajib Anda bawa saat mendaki.
  • Dokumentasi dan alat bantu pandang
    Yang tidak kalah penting adalah alat untuk dokumentasi perjalanan Anda. Siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan alam Gunung Prau. Anda juga bisa membawa teropong jika ingin melihat lebih jelas suatu objek yang berada jauh.

Pesona Alam Gunung Prau Dieng

Gunung Prau memiliki daya tarik yang membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Daya tarik yang membentang dari awal pendakian hingga puncaknya. Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari Barat ke Timur. Namun sebagian besar pendaki hanya mencapai area camping ground hingga tak banyak dari mereka yang mendapatkan keunikan Gunung Prau dari puncaknya. Berikut pesona-pesona alam Gunung Prau Dieng yang bisa Anda nikmati :

Lanskap Dataran Tinggi Dieng dari Atas Gunung Prau Dieng

Dari puncak Gunung Prau Dieng Anda bisa melihat lanskap pemandangan alam Dataran Tinggi Dieng dari atas. Keindahan telaga-telaga Dieng di kelilingi bukit dan gunung tinggi berselimut kabut sangat menyejukkan mata. Jika cuaca tidak berkabut Anda bisa melihat pemandangan gunung-gunung di Pulau Jawa di kejauhan, seperti Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dll. Pemandangan lahan-lahan pertanian yang terhampar di lereng-lereng gunung serta rumah-rumah penduduk ditutupi kabut tipis pegunungan melengkapi keindahan Dataran Tinggi Dieng.

Uniknya Bukit Teletubbies

camping di Gunung Prau Dieng - Foto oleh @endykfirmansya via instagram
camping di Gunung Prau Dieng – Foto oleh @endykfirmansya via instagram

Bukit Teletubbies merupakan kumpulan bukit-bukit kecil yang terletak di Puncak Gunung Prau. Seperti namanya, bukit ini terlihat seperti bukit tempat tokoh animasi Teletubbies bermain. Kawasan Bukit Teletubbies yang tidak rimbun dan banyak daerah yang datar inilah yang membuat Bukit Teletubbies dijadikan area camping.

Warna-warni Indah Bunga Daisy Gunung Prau Dieng

Warna-warni indah bunga mekar di Gunung Prau patut Anda abadikan dengan kamera Anda karena tidak akan sering Anda saksikan. Hanya di waktu-waktu tertentu, yaitu di akhir musim hujan atau menjelang musing kering, Bukit Teletubbies akan ditutupi hamparan Bunga Daisy. Bunga endemik ini mekar serentak mewarnai Bukit Teletubbies di Puncak Prau.

Cantiknya Milky Way Gunung Prau Dieng

Taburan bintang di langit malam atau yang biasa disebut Milky way terlihat sangat cantik jika kabut tidak tebal. Kerlap-kerlip bintang akan menemani camping Anda hingga pagi menjelang. Suasana malamnya sangat indah dan syahdu, serta keindahan Milky Way inilah yang menjadikan pengalaman camping di area Camp Ground Gunung Prau di Bukit Teletubbies akan jadi sangat menyenangkan dan berkesan.

Sunrise dan Sunset dari Puncak Prau

Camping di Gunung Prau akan memungkinkan Anda menyaksikan view Sunrise yang indah di pagi hari. Keindahan sunrise yang berwarna jingga inilah yang diburu pecinta fotografi dan penikmat alam. Gunung Prau juga terkenal dengan view Silver Sunrisenya yang juga tak kalah indah. Selain itu, di senja harinya Anda juga bisa menikmati Sunset. Sayangnya, hanya sebagian kecil Pendaki yang menikmati Sunset Gunung Prau, kebanyakan pendaki naik pada malam hari hanya untuk menanti Sunrise kemudian turun saat siang hari.

Sungguh pesona yang layak untuk dinikmati dan di syukuri. Pesona yang tidak hanya bisa menjadi bentuk “pencapaian” tapi juga merupakan bentuk Keagungan Pencipta yang dapat menuntun setiap yang menyaksikannya pada titik rasa syukur yang tak terhingga. Temukanlah rasa positif dari keindahan dan kebersamaan dengan sekitar bersama “pencapaian” Anda di Gunung Prau Dieng. Selamat berpetualang.

 

 

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *