Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng - foto oleh @dody_dydy_andromeda via instagram

Kawah Sikidang Dieng termasuk obyek wisata unggulan Dieng yang wajib dikunjungi. Selain kawasannya yang lebih mudah dicapai dibandingkan kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang Dieng juga lebih disukai karena terletak di tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat jelas letupan di permukaan kawah tersebut.

Kawah Sikidang merupakan kawah dengan kubangan-kubangan lava dari aktivitas vulkanis dibawah tanah dan masih mengeluarkan gas. Kawah Sikidang Dieng terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang berpindah-pindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Kawah yang fenomenal ini, selalu saja dapat menarik wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung menyaksikan semua fenomena alamnya. Hal ini menjadikan kawah sikidang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Kawah Sikidang Dieng - foto oleh @dody_dydy_andromeda via instagram
Kawah Sikidang Dieng – foto oleh @dody_dydy_andromeda via instagram

Jika di bandingkan dengan posisi kawah pada umumnya, posisi Kawah Sikidang Dieng jelas berbeda. Kawah pada umumnya terletak di tinggi puncak gunung berapi dan susah untuk melihatnya. Sedangkan Kawah Sikidang berada di tanah yang datar sehingga pengunjung leluasa menikmati pemandangan lumpur panas yang meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara. Fenomena alam yang benar-benar menarik perhatian.

Fenomena Kawah Sikidang Dieng dan mitos yang mengelilinginya.

Kawah Sikidang Dieng - foto oleh @fanisawulandari via instagram
Kawah Sikidang Dieng – foto oleh @fanisawulandari via instagram

Kawah Sikidang terbentuk dari peristiwa letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng di masa lalu. Hingga kini kawah ini masih menunjukan aktivitas vulkanis yang dapat disaksikan oleh setiap pengunjung secara langsun. Selain melihat aktivitas gunung berapi berupa lumpur vulkanik yang meletup-letup, pengunjung juga dapat melihat kepulan gas beracun yang berbentuk asap putih pekat keluar dari permukaan kawah. Kawah Sikidang Dieng ini memiliki fenomena tersendiri. Pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun, kolam kawah akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa kuno) yang suka melompat.

Itulah yang menjadi asal usul kenapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang. Kawah menarik ini juga memiliki mitos yang juga menarik untuk diketahui. Mitos tentang kisah seoarang gadis cantik dan pangeran kaya yang berkepala kijang. kisah yang melatar-belakangi terbentuknya Kawah Sikidang dan sekaligus sebagai penambah nilai fenomena bagi kawasan ini.

Letak Dan Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawah ini termasuk dalam kawasan wisata Dieng Plateau yang secara adminstratif termasuk dalam Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi kawah ini sangat mudah karena letaknya dekat dengan Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima. Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang Dieng, Anda dikenai harga tiket masuk yang merupakan tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp 15.000,-. Ini artinya selain Kawah Sikidang Anda juga bisa menikmati obyek wisata candi dengan satu tiket terusan. Harga yang cukup murah untuk tiga obyek wisata sekaligus. Lokasi Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari jam 07.00-16.00 WIB.

Pesona Aktivitas Vulkanik Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang masih memiliki aktivitas vulkanik yang menghasilkan kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun. Oleh sebab itu bau gas yang keluar sangat menyengat dan mengandung racun. Pengunjung disarankan untuk memakai masker atau penutup mulut lainnya agar tidak terhirup dan keracunan gas. Pengunjung juga harus mematuhi rambu-rambu yang tertera di sekitar kawah, seperti melarang pengunjung untuk menyalakan api ataupun membuang puntung rokok ke dalam kawah karena dapat memicu ledakan dan kebakaran.

Kawah Sikidang Dieng - foto oleh @sultan.alvian via instagram
Kawah Sikidang Dieng – foto oleh @sultan.alvian via instagram

Kandungan sulfur yang ada pada tanah membuat tanah di sekitar kawahpun berwarna putih serta aktivitas kawah juga membuat tanaman disekitarnya mati dan datarannya sekitar menjadi tandus.Itulah kenapa saat berada di kawasan Kawah Sikidang yang Anda lihat hanya tanah tandus berwarna keputihan . Hal ini menjadi pemandangan yang menarik untuk dilihat. Pesona yang lain adalah adanya lubang-lubang bekas kolam kawah di berbagai titik yang menarik untuk dilihat.

Untuk keamanan pengunjung, pengelola obyek wisata ini telah memasang pagar pembatas dari bambu untuk menjaga jarak aman dari kolah kawah agar tidak terlalu terpapar gas beracun ataupun tercebur ke kawah karena kondisi tanah di sekitar kawah juga sangat rapuh, jika tidak hati-hati tanahnya bisa ambrol dan Anda bisa tercebur ke kolam kawah yang sedang mendidih. Berwisata ke Kawah Sikidang akan menjadi pengalaman yang luar biasa karena selain anda bisa melihat langsung dengan jelas aktivitas vulkanik gunung berapi di kolam kawah tanpa harus mendaki gunung, warna tanah yang memutih dan aktivitas kawah yang fenomenal dan unik juga dapat dijadikan obyek foto oleh para pengunjung. Mengambil gambar kawah dengan lumpur panas yang meletup-letup dan kepulan asap putih ataupun menjadikannya latar belakang foto Anda pasti akan menjadi menarik sekali. Disamping memberikan pengalaman wisata yang lebih bervariasi, juga memberikan anda hasil foto yang lebih berbeda dari pemandangan alam yang biasanya.

Ragam Wisata Kawah Sikidang.

Untuk menambah keragaman wisata pegunjung, penduduk sekitar berjualan makanan dan minuman untuk wisatawan. Seperti menjual makanan khas Dieng atau makanan berbahan dasar hasil pertanian utama Dieng, yaitu kentang. Selain itu masyarakat sekitar juga menjual telur mentah untuk dapat direbus langsung oleh pengunjung di sebuah kawah kecil yang airnya mendidih. Anda dapat merasakan pegalaman merebus sendiri telur di kawah kecil tersebut, dalam 5 menit akan langsung matang.

Kawah Sikidang Dieng - foto oleh @putra_dieng via instagram
Kawah Sikidang Dieng – foto oleh @putra_dieng via instagram

Selain makanan, ada juga masyarakat yang menjual bongkahan-bongkahan belerang yang padat sebagai suvenir. Di sekitar kawah juga ada fotografer atau jasa foto yang bisa Anda sewa untuk pengambilan foto wisata Anda. Bahkan untuk menambah obyek menarik bagi foto Anda, ada jasa menyewakan burung hantu untuk teman objek berfoto bersama Anda, agar hasil foto Anda terkesan lebih mistis dan menarik
Jika Anda berwisata ke Kawah Sikidang, Anda akan melihat keunikan yang lain dari penduduk sekitar kawah. Anda akan menjumpai anak-anak asli Dieng yang berambut gembel/gimbal. Keberadaan anak-anak gimbal ini berkaitan dengan legenda Kawah Sikidang. Mereka selalu mengikuti ritual pemotongan rambut dan ruwatan pada saat Dieng Culture Festival. Unik dan menarik sekali bukan…

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *