Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng - Foto oleh @haloashma

Telaga Warna merupakan telaga terluas dari telaga-telaga lainnya yang ada disekitar daerah kawasan wisata Dieng. Diperkirakan, luas dari Telaga Warna adalah tiga kali luas lapangan bola. Terletak dikawasan yang dikelilingi bukit-bukit tinggi menambah daya tarik lokasi wisata yang satu ini. Lokasi yang sangat mendukung sebagai Kawasan Wisata karena dikelilingi suasana alam yang menarik dan berbeda yang tak kalah indahnya dengan wisata alam lainnya yang ada Dieng. Telaga Warna berada diketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Lokasi yang menciptakan kelebihan tersendiri melalui pesona alam dan suasananya. Pesona telaga ini tidak hanya datang dari keelokkan alam sekitarnya tapi juga dari warna permukaan airnya yang menakjubkan.

Luasnya bentangan keindahan yang memanjakan pandangan mata Anda ketika berada di telaga ini. Keharmonisan alam yang ada di kawasan wisata Telaga Warna dapat dirasakan dari udara yang sejuk dan bersih serta keheningan suasana yang ada juga menambah daya tarik mistis serta eksotis dari Telaga Warna. Wisata Telaga Warna tidak hanya akan memanjakan mata anda tapi juga memberikan kenyaman tersendiri pada keseimbangan diri Anda. Kaya akan hijaunya alam, udara yang berkabut serta suasana dari suara alam liar yang merupakan sebagian dari kesempurnaan yang akan anda dapatkan ketika anda mengunjunginya. Suasana yang cocok untuk refleksing melepaskan segala kepenatan dari rutinitas Anda.

Telaga Warna Dieng dan Pengilon - Foto oleh @ochagondokusumo via Instagram
Telaga Warna Dieng dan Pengilon – Foto oleh @ochagondokusumo via Instagram

Sesuai dengan namanya, telaga yang satu ini merupakan telaga dengan permukaan air yang memiliki warna warni yang beragam. Nama yang diberikan pada Telaga Warna ini dikarenakan keunikan fenomena alam dari permukaan airnya yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning. Tak jarang juga permukaan airnya terlihat berwarna-warni diwaktu yang sama. Keindahan ini dipadu dengan suasana alam seperti kicauan burung liar sekitar pepohonan nan hijau serta semerbak nya aroma wangi pucuk pohon puspa yang akan menghanyutkan pikiran anda dalam kenyamanan dan ketentraman yang disuguhkan oleh alam. Semua keindahanan ini menjadikan Telaga Warna sebagai salah satu tujuan wisata andalan di Dataran Dieng. Tidak heran jika saat liburan kawasan wisata Telaga Warna selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai wilayah . Bagi Anda yang berwisata ke Dieng, Telaga Warna layak diperhitungkan sebagai destinasi wisata Anda.

Letak Atau Lokasi Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng berada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng yang secara administrasi masuk wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Akses Telaga Warna ini dapat ditempuh dari pusat Kota Wonosobo melalui terminal kota jika anda menggunakan kendaraan umum. Tetapi jika anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam keadaan yang cukup baik. Hal ini dikarenakan medan jalan yang dilewati cukup berliku dan menanjak. Meski berada di ketinggian 2.000 mdpl, Telaga Warna cukup mudah dicapai dengan kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Telaga Warna Dieng - foto oleh @novind_ via Instagram
Telaga Warna Dieng – foto oleh @novind_ via Instagram

Disekitar Telaga Warna Dieng juga terdapat beberapa obyek wisata lain yang juga patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Pengilon. Telaga Pengilon yang terletak persis di sebelah Telaga Warna adalah telaga yang memiliki air yang jernih, begitu jernihnya air telaga ini sehingga tampak seperti pengilon atau cermin. Adanya mitos tentang Telaga Pengilon dapat menebak isi hati orang yang memandangi air telaga jernih ini. Jika ketika memandang air telaga ini dia terlihat cantik maka isi hatinya baik begitu juga sebaliknya. Anda tertarik untuk mencobanya?

Selain itu ada juga terdapat beberapa gua-gua alam di sekitar telaga seperti Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumala Sari, dan Goa Jaran, ditambah dengan keberadaan bangunan Dieng Plateau Theater yang terkenal. Yang lebih menarik lagi, pengunjung yang datang dan menikmati suasana telaga ini tidak hanya wisatawan domistik tapi juga datang dari negara lain. Anda akan melihat keragaman dunia disini melalui pengunjungnya. Sungguh akan menjadi pengalaman liburan yang mengesankan.

Jalur Akses Dan Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Jalur akses menuju Telaga Warna Dieng cukup mudah. Saat masuk ke kawasan Dataran Tinggi Dieng, Anda akan menjumpai pertigaan. Anda hanya perlu mengambil jalan jalur kiri untuk menuju Telaga Warna di Dieng Wetan. Jarak antara pertigaan Dieng ke Telaga Warna cukup dekat, yaitu hanya sekitar 500 meter. Memasuki kawasan Telaga Warna Anda cukup membayar tiket masuk sebesar RP10.000,- per orang.

Fenomena Perubahan Warna Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri. Dari alamnya hingga cerita rakyat dan mitos yang mengelilinginya. Keindahan yang dapat dinikmati langsung adalah pantulan sinar matahari pada permukaan air telaga yang sungguh menarik. Karena menurut kajian ilmiah, kandungan sulfur yang cukup tinggi di dasar telaga mengakibatkan permukaan airnya akan membiaskan cahaya matahari yang melahirkan warna- warna yang cantik. Waktu berkunjung yang tepat untuk melihat fenomena ini adalah pagi atau siang hari, saat sinar matahari benar-benar sempurna untuk menciptakan warna warna yang indah pada permukaan air telaga. Sore hari, kemungkinan kabut akan menutupi daerah sekitar telaga sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya. Selain itu, cuaca juga mempengaruhi fenomena alam ini. Sedangkan mitos rakyat tentang warna telaga ini adalah konon kabarnya, warna yang terlihat dipermukaan air Telaga Warna diakibatkan dari cincin seorang bangsawan di jaman dahulu yang jatuh kedasar telaga.

Keunikan lain dari kawasan Telaga Warna, yaitu keberadaan Telaga Pengilon bersandingan dengan Telaga Warna. Meski begitu dekat, air permukaan Telaga Pengilon tidak terpengaruh oleh air Telaga Warna. Warna permukaan airnya tetap jernih seperti cermin karena memang kandungan sulfurnya rendah sekali. Untuk itulah air Telaga Pengilon-lah yang dijadikan sumber irigasi oleh penduduk sekitar untuk mengairi ladang tanaman kentang yg menjadi komoditas utama Dieng.

Tempat Strategis Dan Favorit Untuk Melihat View Telaga Warna Dari Ketinggian

Telaga Warna Dieng - Foto oleh @haloashma
Telaga Warna Dieng – Foto oleh @haloashma

Jika anda ingin mendapatkan sensasi keindahan yang lebih, anda dapat mendaki salah satu dari bukit yang megelilingi telaga ini untuk menikmati keindahannya. Lokasi yang paling banyak diminati oleh pengunjung untuk melihat keindahan Telaga Warna adalah Batu Ratapan yang merupakan dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di Kompleks Telaga Warna. Letaknya di sisi sebelah Timur Telaga Warna. Tempat kedua yang juga strategis dan favorit wisatawan untuk melihat Telaga Warna dari atas, yaitu obyek Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng. Karena telaga yang unik ini terlihat lebih indah jika dilihat dari atas. Dari Batu Ratapan Angin dan Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, inilah pecinta fotografi dan penikmat alam bisa mendapatkan foto Telaga Warna yang sempurna dan istimewa. Anda tidak akan kekurangan Spot foto yang menarik untuk koleksi foto anda.
Tapi jika Anda mencoba mendaki Gunung Prau untuk melihat Telaga Warna, telaga ini akan terlihat kurang jelas, apalagi saat kabut tebal. Hal ini disebabkan karena Gunung Prau terlalu tinggi sehingga telaga ini terlihat lebih jauh. Dari ketinggian tertentu. Anda bisa melihat warna-warni indah Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon yang jernih dengan latar belakang bukit dan gunung-gunung dengan pepohonan rindang berselimut kabut pegunungan.

Obyek Wisata Dieng Di Dekat Telaga Warna

Selain Telaga Pengilon, Batu Ratapan Angin, dan Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng, ada obyek wisata Dieng lainnya yang dekat dengan Telaga Warna yang patut untuk Anda kunjungi, antara lain:

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater diresmikan oleh mantan presiden RI Susilo Bambang Yudoyono pada 9 April 2006, masih satu kompleks dengan Telaga Warna Dieng. Dieng Plateau Theater merupakan bangunan teater untuk menyaksikan film tentang seluk-beluk Dieng, seperti sejarah, budaya, kearifan lokal, geografis, obyek wisata, dsb yang menyangkut Dieng. Disarankan kepada pengunjung untuk menjadikan Dieng Plateau Theater sebagai tempat kunjungan pertama sebelum berwisata mengelilingi komplek wisata Dieng. Karena akan membantu anda untuk lebih menikmati daerah wisata ini. Untuk masuk ke Dieng Plateau Theater Anda hanya membayar tiket sebesar Rp.4.000,- saja. Bangunan ini mampu menampung hingga 100 orang.

Gua-gua Alam di Tepian Telaga Warna

Di sepanjang tepian Telaga Warna terdapat gua-gua alam yang cukup terkenal yang dijadikan tempat bertapa/meditasi oleh beberapa orang yang percaya. Pada waktu-waktu tertentu umat Hindu Bali khusus datang untuk melakukan ritual keagamaan. Gua-gua alam tersebut yaitu Gua Sumur Eyang Kumulasari, Gua Pengantin, Gua Jaran Resi Kendaliseto, dan yang sangat terkenal Gua Semar. Di Gua Semar terdapat Patung Semar dan ada sebuah kolam yang airnya dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit dan untuk mempercantik kulit.

Jembatan Merah Putih Dieng

Jembatan Merah Putih Dieng merupakan tempat wisata buatan yang terletak di sebelah Timur obyek wisata Batu Ratapan Angin. Jembatan yang membentang dari tebing ke tebing di antara dua bukit ini menghadirkan pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang asri. Jembatan Merah Putih adalah obyek wisata Dieng yang baru saja dibuka pada 4 Mei 2016

Masih banyak lagi yang bisa anda temukan jika anda mengunjunginya langsung Telaga Warna Dieng. Kunjungi dan nikmati sendiri keindahan, keharmonisan, ketenangan dalam satu paket yang disuguhkan objek wisata unggulan Dataran Tinggi Dieng yang satu ini. Jangan lupa abadikan pesona Telaga Warna berlatar belakang bukit dan gunung nan cantik dengan kamera Anda dan bersama orang-orang disamping Anda.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *